Singularitas Sudah Dekat dengan Ringkasan dan Tinjauan

oleh Ray Kurzweil

Apakah The Singularity Is Near oleh Ray Kurzweil pernah masuk dalam daftar bacaan Anda? Ambil ide-ide kunci dalam buku ini dengan ringkasan singkat ini.

Ingat adegan di The Matrix , di mana Neo mengunggah sebuah program ke otaknya dan, dalam sekejap, dia “mengenal” kungfu? Apa jadinya hidup jika Anda bisa mengunggah pengetahuan seperti program perangkat lunak dasar?

Seperti yang ditunjukkan oleh ringkasan buku ini, teknologi berkembang semakin cepat; hanya dalam beberapa dekade, kemajuan teknologi akan memungkinkan kita melampaui belenggu biologis untuk mengatasi penuaan dan penyakit.

Di dunia baru ini, mengunggah sebuah program ke otak Anda akan terasa aneh. Teknologi akan menjadi begitu maju sehingga akan menandai sebuah era yang benar-benar baru: sebuah “singularitas” di mana komputer akan menjadi miliaran kali lebih pintar daripada gabungan seluruh umat manusia, dan biologi serta teknologi akan menjadi satu dan sama.

Era ini juga tidak tinggal ratusan tahun lagi. Itu dekat.

Dalam ringkasan The Singularity Is Near oleh Ray Kurzweil, Anda akan belajar

  • bagaimana DNA akan digunakan untuk membangun superkomputer;
  • mengapa di masa depan Anda tidak perlu khawatir tentang sengatan matahari; Dan
  • bagaimana beberapa tahun dari sekarang, siapa pun bisa menjadi Spock.

Singularitas Sudah Dekat Ide Utama #1: Evolusi semakin cepat. Setiap perkembangan berkembang dan bergerak lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Pikirkan tentang berapa banyak perubahan teknologi besar yang mungkin telah disaksikan oleh kakek nenek Anda selama hidup mereka. Sekarang, pikirkan perubahan yang Anda lihat selama 15 tahun terakhir .

Sungguh menakjubkan betapa kemajuan teknologi dalam waktu sesingkat itu, bukan?

Jelaslah bahwa seiring berjalannya waktu, banyak hal berubah dengan lebih cepat. Sejarah menunjukkan kepada kita bahwa laju perubahan telah meningkat secara eksponensial .

Sekitar 3,8 miliar tahun yang lalu, kehidupan bersel tunggal di bumi berevolusi secara perlahan. Diperlukan waktu sekitar 2 miliar tahun bagi organisme multiseluler untuk muncul.

Namun lambat laun, proses evolusi mendapatkan momentumnya. Misalnya, hanya terdapat 200 juta tahun antara mamalia pertama dan evolusi Homo sapiens.

Jika Anda menggambar grafik yang menunjukkan perkembangan evolusioner besar di bumi, Anda akan melihat bahwa evolusi memang bergerak lebih cepat seiring berjalannya waktu. Hal yang sama juga berlaku pada laju evolusi teknologi.

Perkembangan teknologi pun semakin pesat. Sekitar 50.000 tahun yang lalu, penemuan seperti membuat api jarang terjadi, dan terjadi setiap 1.000 tahun atau lebih. Bandingkan angka ini dengan saat ini, yang merupakan tantangan untuk membuat daftar gadget dan wahyu tahun lalu.

Yang penting, manfaat dari proses evolusi yang semakin cepat ini juga semakin cepat.

Misalnya, biaya per unit kecepatan komputer meningkat dua kali lipat setiap tiga tahun antara tahun 1910 dan 1950, kemudian setiap dua tahun antara tahun 1950 dan 1966; saat ini jumlahnya meningkat dua kali lipat setiap tahunnya.

Perkembangan teknologi yang eksponensial ini dikenal sebagai “Hukum Percepatan Pengembalian”.

Kita tahu bahwa kemenangan terbesar dalam setiap tahap pembangunan akan membantu membentuk tahap berikutnya. Misalnya, evolusi biologis menghasilkan Homo sapiens; manusia kemudian menemukan teknologi, dan teknologi terbaik digunakan untuk mengembangkan teknologi yang lebih baik lagi.

Oleh karena itu, pada akhirnya, komputer super pintar akan mampu merancang sendiri teknologi-teknologi unggul dan dengan demikian, akan semakin mempercepat evolusi teknologi.

Singularitas Sudah Dekat Ide Kunci #2: Komputer membuat kemajuan pesat dalam kecepatan dan kekuatan pemrosesan. Komputasi DNA sudah dekat.

Komputer berkembang pesat, terutama karena komponen silikon yang terus menyusut meningkatkan kinerjanya. Namun silikon pun memiliki keterbatasan.

Komponen silikon yang sangat tipis menyebabkan kebocoran listrik, dan chip dengan kabel padat menjadi terlalu panas, sehingga menurunkan efisiensi. Untuk mengatasi permasalahan ini, teknologi baru sudah siap dikembangkan.

Salah satu penemuan tersebut adalah teknologi nanotube , sebuah penemuan yang secara signifikan akan mempercepat perhitungan komputer.

Nanotube adalah silinder kecil yang terbuat dari lembaran atom karbon. Mereka adalah kandidat yang sangat baik sebagai komponen chip, karena elektron melewati nanotube jauh lebih mudah dibandingkan melalui transistor berbasis silikon.

Hasilnya adalah data dapat dikirimkan lebih cepat. Faktanya, ilmuwan komputer Peter Burke mengatakan batas kecepatan teoritis untuk komputer transistor nanotube akan mencapai 100 kali lipat dari komputer konvensional!

Keuntungan lainnya adalah banyak nanotube yang sangat kecil dapat dimasukkan ke dalam satu chip, mempercepat kinerja sekaligus menghindari kerugian yang biasa terjadi pada chip silikon yang diperkecil.

Kemajuan tambahan dalam chip tiga dimensi (3D) dan komputasi DNA akan segera terjadi. Meskipun chip biasanya berisi satu lapisan transistor datar, chip 3D dapat menumpuk beberapa lapisan transistor secara vertikal.

Koneksi dalam sebuah chip pada dasarnya lebih pendek dibandingkan koneksi antar chip, seperti chip prosesor yang terhubung ke chip memori, yang saat ini ada secara terpisah. Dengan organisasi bertumpuk ini, data tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk menjalankan komputasi – dan hal ini meningkatkan kecepatan pemrosesan secara signifikan.

Meski masih dalam tahap awal, komputasi DNA dapat mengubah masa depan komputer.

Manfaat terbesar DNA adalah kapasitas memorinya yang sangat besar, karena satu sentimeter kubik DNA dapat menyimpan lebih banyak informasi daripada satu triliun CD musik!

Kita telah menyaksikan beberapa hal yang mungkin dilakukan dengan komputasi DNA. Pada tahun 2002, ilmuwan Israel Ehud Shapiro dan timnya mengembangkan komputer berbasis DNA yang dapat melakukan 330 triliun operasi per detik – lebih dari 100.000 kali kecepatan PC tercepat saat itu.

Singularitas Sudah Dekat Ide Kunci #3: Selama beberapa dekade mendatang, komputer akan belajar melakukan apa pun yang bisa dilakukan manusia, dan hanya dengan lebih baik.

Tentu saja, komputer dapat bekerja dengan cepat dan efisien, namun kebanyakan dari kita belum tentu menganggap komputer sebagai komputer yang cerdas . Komputer tidak memiliki wawasan, kecerdasan sosial, dan kesadaran.

Namun hal ini tidak selalu terjadi – dan mungkin berubah lebih cepat dari yang Anda kira. Ilmuwan komputer saat ini sedang mencari cara agar komputer dapat meniru keunikan manusia.

Mari kita lihat cara kerja otak manusia. Dengan adanya peralatan pemindaian yang memadai, para ilmuwan mungkin dapat secara akurat menentukan dengan tepat bagaimana otak bekerja ketika Anda melakukan tindakan “cerdas”.

Misalnya, seorang ilmuwan dapat melacak neuron mana yang aktif ketika Anda mengamati ekspresi wajah seseorang, atau membaca puisi. Temuan ini kemudian dapat diterjemahkan ke dalam algoritma kompleks, atau rumus yang dapat dipahami dan diproses oleh komputer.

Pada tahun 2030, penemuan-penemuan ini akan memberikan para ilmuwan komputer alat untuk merekayasa balik otak manusia. Artinya, mereka dapat membangun dan memprogram komputer yang dapat meniru otak manusia, dan bahkan menjadi sadar – munculnya kecerdasan buatan yang sebenarnya .

Jadi perubahan apa lagi yang akan terjadi? Tentu saja kekuatan komputasi kecerdasan buatan akan melebihi kapasitas yang dibutuhkan untuk meniru seluruh fungsi otak manusia.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa diperlukan antara 100 triliun (sepuluh pangkat 14) dan sepuluh kuadriliun (sepuluh pangkat 16) perhitungan per detik (CPS) untuk melakukannya.

Bagaimana para ilmuwan mencapai angka ini? Mereka mengukur berapa banyak CPS yang diperlukan untuk mensimulasikan fungsi otak tertentu, seperti lokalisasi suara, dan berapa persen otak yang terlibat dalam melakukan tugas tersebut. Kemudian mereka mengekstrapolasi hasilnya untuk membuat prediksi tentang bagian otak lainnya.

Di masa depan, mungkin bukan hal yang aneh jika ponsel cerdas Anda menjadi lebih pintar dari Anda saat ini!

Namun bukan hanya mesin yang akan memperoleh manfaat dari kemajuan tersebut. Rangkuman buku selanjutnya akan menjelaskan bahwa manusia juga akan mendapatkan manfaatnya.

Singularitas Sudah Dekat Ide Utama #4: Nanobots akan menjadi dokter baru. Dengan berpatroli di dalam tubuh kita, mereka akan menyembuhkan penyakit dan memperbaiki kerusakan.

Selama berabad-abad, komunitas medis telah membuat terobosan signifikan dalam mengobati penyakit yang dulunya dianggap tidak dapat disembuhkan. Namun manusia masih rentan terhadap banyak penyakit mematikan dan penyakit lainnya.

Kabar baiknya adalah kemajuan robotika dan nanoteknologi dalam beberapa dekade mendatang akan membantu manusia melawan dan bahkan mengatasi penderitaan fisik.

Bagaimana? Melalui penggunaan robot nanoteknologi kecil, yang disebut nanobots .

Dengan memasukkan nanobot ini ke dalam tubuh Anda, Anda akan dapat meringankan segala penyakit atau penyakit yang mengancam kesehatan Anda. Karena nanobot dapat mereplikasi dirinya sendiri, satu kali kunjungan ke dokter (untuk suntikan nanobot awal) sudah cukup untuk membuat Anda tetap sehat dalam jangka panjang.

Tapi apa sebenarnya yang akan dilakukan nanobots? Pesawat tempur kecil ini akan mampu menghilangkan racun, DNA virus, dan bakteri dari aliran darah Anda. Sama seperti sel darah putih kita yang melawan patogen dalam tubuh kita, nanobot juga akan melakukan hal yang sama, namun akan jauh lebih efektif dalam melakukannya.

Nanobots juga akan mampu membersihkan plak dari pembuluh darah, yang penumpukannya dapat menimbulkan risiko penyakit jantung atau stroke, dan bahkan dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer dengan menghilangkan endapan kimia berbahaya di otak.

Robot kecil ini bahkan dapat dikerahkan untuk mengirimkan obat ke sel-sel individual. Misalnya, nanobot dapat memberikan obat kanker agresif yang spesifik pada sel kanker, sehingga pasien tidak menderita efek samping sistemik yang umum seperti mual atau rambut rontok.

Bahkan dimungkinkan untuk mengontrol nanobot Anda sendiri melalui internet.

Nanobot juga dapat digunakan untuk memperbaiki gen yang rusak dengan memindai dan memantau inti sel dan memastikan semuanya beres.

Perhatikan contoh sengatan matahari. Jika Anda mengalami luka bakar parah di pantai, Anda tidak perlu khawatir tentang ancaman kanker kulit di masa depan, karena nanobot Anda akan memperbaiki DNA yang rusak akibat sinar matahari di semua sel Anda yang terkena dampaknya!

Singularitas Sudah Dekat Ide Kunci #5: Penyakit genetik akan menjadi masa lalu. Terapi gen untuk memperbaiki kerusakan akan menjadi hal yang biasa.

Meskipun terapi gen telah dibicarakan selama berpuluh-puluh tahun, kita masih cenderung menganggap DNA sebagai landasan tetap tentang siapa diri kita – sesuatu yang tidak dapat diubah dengan mudah, atau bahkan tidak dapat diubah sama sekali.

Namun kami menemukan bahwa hal ini tidak terjadi. Terapi gen akan segera menjadi intervensi yang lumrah. Salah satu metodenya adalah dengan menggunakan virus sederhana untuk mentransfer gen ke dalam sel manusia.

Ketika para ilmuwan ingin mengganti gen yang rusak dengan gen yang sehat, selalu ada masalah bagaimana cara mentransfer DNA ke dalam sel yang rusak. Namun mungkin ada jalan keluarnya, dengan menggunakan virus sebagai semacam “taksi gen”.

Banyak virus yang efektif dalam mengirimkan materi genetik ke sel manusia, jadi yang perlu dilakukan hanyalah menukar gen yang akan dihasilkan virus dengan gen terapeutik. Misalnya, salah satu tim peneliti di Glasgow menggunakan virus yang dimodifikasi untuk mengubah gen di pembuluh darah pasien.

Terapi gen juga dapat membantu menyembuhkan banyak penyakit akut dengan suntikan langsung.

Gen yang berbeda pada setiap orang dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti diabetes. Hal ini tidak berarti bahwa setiap orang yang memiliki gen tertentu akan terkena penyakit ini, namun jika Anda memang memiliki gen tersebut, Anda harus berhati-hati, mengatur pola makan, dan menjaga kebugaran fisik.

Penyakit parah lainnya dapat disebabkan oleh gen yang rusak atau berubah, seperti halnya kanker atau anemia sel sabit.

Kabar baiknya adalah, begitu terapi gen diterapkan, virus dapat disuntikkan ke aliran darah Anda untuk “menginfeksi” sel Anda dengan DNA terapeutik. Kemudian, ketika nanobot mampu menjaga kesehatan Anda, perbaikan DNA yang rusak akan menjadi lebih mudah jika diperlukan.

Singularitas Sudah Dekat Ide Utama #6: Tidak ada lagi donor organ dan operasi berisiko. Di masa depan, kita akan menumbuhkan sel kita sendiri, dari sel kita sendiri.

Setiap hari di Amerika Serikat saja, 21 orang meninggal karena kurangnya ketersediaan donor organ.

Untungnya, dalam waktu dekat hal ini tidak akan terjadi lagi. Kita akan mampu mengkloning organ yang kita perlukan untuk menyelamatkan nyawa. Kloning terapeutik mempunyai potensi untuk meningkatkan pengobatan transplantasi.

Prosedur transplantasi organ tradisional mempunyai kelemahan serius. Biasanya, jaringan yang ditransplantasikan berasal dari donor yang tidak mempunyai hubungan darah, suatu situasi yang seringkali memicu sistem kekebalan tubuh untuk mempertahankan diri dan berpotensi menolak organ yang ditransplantasikan.

Untuk memastikan organ donor dapat bertahan hidup, sistem kekebalan tubuh harus ditekan dengan konsekuensi yang besar, karena jika sistem kekebalan tubuh melemah maka risiko tertular penyakit menular atau kanker tertentu akan meningkat.

Transplantasi yang ideal dapat dilakukan dengan menggunakan sel inang – dan yang menakjubkan, kita sudah hampir melakukan hal ini.

Kemajuan dalam bioteknologi menawarkan cara untuk mengubah satu jenis sel, seperti sel kulit, menjadi jenis lain, seperti sel pankreas atau sel saraf. Sel-sel ini akan segera dapat digunakan untuk menumbuhkan organ yang dibuat khusus secara in vitro .

Namun meskipun Anda tidak memerlukan transplantasi, kloning dapat memberikan cara terbaik untuk merevitalisasi tubuh dengan cara non-invasif. Begitu berada di aliran darah, sel-sel yang baru dikloning dapat menemukan jalannya ke organ atau jaringan yang sesuai, dan mulai bekerja menggantikan sel-sel yang menua.

Dengan demikian, sedikit demi sedikit, kita akan dapat memperbaharui tubuh kita tanpa perlu melakukan operasi. Hal ini sangat berharga terutama jika menyangkut organ seperti jantung, karena seiring bertambahnya usia, tubuh kita tidak mampu menggantikan sel-sel jantung yang sudah tua dengan cukup cepat.

Jadi nanoteknologi dan kloning akan membantu kita mempertahankan dan memperbaharui tubuh kita, namun di sini kita masih berbicara tentang tubuh biologis manusia. Badan-badan “jadul” ini sangat berbeda dari jenis badan-badan baru yang akan mulai kita huni pada tahun 2030-an dan 2040-an.

Singularitas Sudah Dekat Ide Utama #7: Siap menjadi pria atau wanita bionik? Atau mungkin ada sesuatu di antara keduanya? Pilihan ada padamu.

Implan retina. Alat pacu jantung. Implan koklea. Ini mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, tapi kita sedang dalam perjalanan untuk menjadi cyborg.

Saat ini banyak orang yang tidak memikirkan alat bantu dengar untuk telinga atau implan lensa untuk mata. Namun penyesuaian kecil ini hanyalah permulaan. Sekitar tahun 2030, tubuh Anda akan lebih bersifat non-biologis dibandingkan biologis.

Pada saat ini, banyak organ Anda akan digantikan oleh perangkat elektronik yang memiliki kekuatan untuk meningkatkan kinerja tubuh Anda secara signifikan.

Di sinilah nanobot berperan lagi. Jantung, paru-paru, dan darah Anda akan digantikan oleh respirosit , atau robot nano yang mengantarkan oksigen ke aliran darah dan menghilangkan karbon dioksida. Respirosit akan sangat efisien sehingga Anda dapat berlari sprint Olimpiade selama 15 menit tanpa menarik napas sedikit pun!

Demikian pula, Anda tidak memerlukan saluran pencernaan atau ginjal, karena Anda harus memberi makan nanobot untuk mengantarkan nutrisi ke setiap sel dan nanobot eliminasi untuk membersihkan dan meninggalkan tubuh, serta membawa limbahnya. Hasilnya, manusia tidak akan menderita kekurangan vitamin atau kelebihan berat badan. Saat kita melewati tahun 2030an, tubuh kita akan mengalami perubahan mendasar yang membebaskan.

Kita akan tetap mempertahankan fungsi tubuh seperti yang kita kenal, dengan nanobot yang berinteraksi dengan sel biologis. Namun pada akhir tahun 2030an, kita akan menukar “body 2.0” ini dengan sesuatu yang jauh lebih tahan lama dan terbarukan, “body 3.0.”

Tubuh baru ini akan terdiri dari “foglets,” atau robot nano yang dapat mengambil bentuk apa pun dan dapat secara langsung memanipulasi informasi visual dan gelombang suara, yang berarti Anda dapat membuat proyeksi apa pun yang Anda ingin dilihat atau didengar orang.

Foglet ini akan memberi Anda kemampuan untuk mengubah penampilan sesuka hati. Jika mau, Anda bisa berubah dari Spock menjadi supermodel dalam hitungan detik!

Singularitas Sudah Dekat Ide Utama #8: Kecerdasan Buatan dan kecerdasan manusia akan menyatu, dan manusia akan menjadi superpintar.

Seiring dengan membaiknya perkembangan antarmuka otak-komputer, batasan antara kecerdasan buatan (AI) dan kecerdasan manusia akan mulai kabur.

Baik Anda ingin menyempurnakan otak Anda dengan chip memori, menyambungkan ke realitas simulasi bergaya Matrix , atau mengemudikan mobil hanya dengan menggunakan pikiran Anda, Anda memerlukan antarmuka otak-komputer yang kuat.

Laboratorium ilmiah di seluruh dunia sedang menjajaki kemungkinan-kemungkinan baru untuk antarmuka otak-komputer.

Pada tahun 2003, pembuat semikonduktor Jerman Infineon, dengan bantuan dari Max Planck Institute, menciptakan “neurochip”, atau chip yang terhubung langsung ke sel saraf hidup.

Dengan menggunakan sekitar 16.000 sensor, chip tersebut dapat mensurvei aktivitas listrik beberapa sel sekaligus. Dengan chip tersebut, peneliti dapat menyelidiki bagaimana jaringan saraf bereaksi terhadap rangsangan listrik, dan dengan demikian menemukan lebih banyak kemungkinan interaksi neuron-komputer di masa depan.  

Ketika implan neurochip ini sudah masuk ke dalam otak dan pikiran kita, hampir mustahil untuk membedakan antara kecerdasan manusia dan AI. Dan dengan implan seperti ini, kita manusia akan menjadi sangat cerdas.

Pertama, kita akan menggunakan chip memori untuk memperluas ingatan jangka panjang kita, yang berarti tidak ada lagi sindrom “tip-of-the-tongue” yang membuat frustrasi, karena kita akan mampu mengingat informasi sesuka hati.

Chip akan memperluas kapasitas memori kerja kita, yang sangat terkait dengan kecerdasan. Kami akan mampu memproses data dan membuat perhitungan jauh lebih baik dari yang pernah kami alami.

Pada akhir tahun 2030-an, otak Anda juga akan menggunakan nanobot untuk terhubung ke internet dan mengunduh informasi apa pun yang ingin Anda ketahui – seperti Neo “tahu” kung fu di The Matrix .

Singularitas Sudah Dekat Ide Utama #9: Sekitar tahun 2045, dunia akan berubah tanpa bisa dikenali lagi. Singularitas akan tiba.

Masa depan yang kita bicarakan mungkin tampak aneh atau menakutkan – namun juga menakjubkan. Bayangkan saja semua nanobot yang mengalir melalui darah dan otak Anda! Meski belum menjadi kenyataan, konsep-konsep tersebut masih didasarkan pada apa yang kita ketahui dan pahami.

Namun, sekitar tahun 2045, dunia akan mengalami “singularitas”. Maka segalanya akan menjadi aneh.

Singularitas akan menjadi perubahan mendasar dalam sejarah umat manusia, suatu perubahan yang melampaui apa pun yang dapat kita bayangkan saat ini.

Perkembangan yang kita lihat sejauh ini akan semakin berkembang. Pada tahun 2045, hanya dengan $1.000, Anda akan dapat membeli komputer yang satu miliar kali lebih cerdas daripada gabungan seluruh umat manusia .

Mesin akan mampu berpikir dan berkomunikasi dengan sangat cepat sehingga manusia tidak akan mampu memahaminya. Mesin juga akan mengembangkan teknologi revolusioner dalam hitungan hari.

Di masa depan kita akan diperlengkapi untuk melawan sebagian besar penyakit; namun pada tahun 2045, kita akan memiliki kemampuan untuk menjadi abadi!

Di dunia pasca-singularitas, kecerdasan akan berkembang di seluruh alam semesta.

Chip komputer pada akhirnya akan mencapai batas fisik. Setelah batas ini tercapai, ukuran komputer harus diperbesar agar dayanya terus meningkat, dan mereka akan melakukannya dengan cepat.

Segera, semakin banyak bagian bumi yang akan dijadikan komputer raksasa. Hal ini kemungkinan besar akan melibatkan kerja nanobot, mengubah objek menjadi sistem cerdas.

Nanobot membutuhkan karbon, yang dapat diakses melalui kayu mati atau abu, misalnya, untuk mereplikasi dirinya sendiri. Kelompok nanobot yang dihasilkan kemudian akan mengorganisasikan dirinya ke dalam komputer. Setelah itu, bahkan materi bintang dan planet akan ditata ulang untuk diubah menjadi komputer!


Singularitas Sudah Dekat Ide Utama #10: Masa depan yang dijalankan oleh robot tidaklah sempurna. Nanobot dapat mengalami kegagalan fungsi dan menyebabkan kekacauan di bumi.

Apakah prospek singularitas membuat Anda takut? Mungkin bahkan membuatmu takut?

Konsepnya sendiri seharusnya tidak demikian. Berkat implan otak Anda, pada tahun 2045 Anda akan menjadi sangat cerdas dan tidak memiliki masalah dalam mengikuti perkembangan dunia yang pesat.

Namun sebelum itu terjadi, ada sesuatu yang tidak beres. Skenario yang paling mungkin melibatkan nanobot dan kemampuannya untuk mereplikasi diri.

Setelah nanobot dimasukkan ke dalam tubuh kita, kita akan membutuhkan banyak nanobot untuk melakukan pekerjaan yang kita tetapkan untuk mereka. Jadi masuk akal jika nanobot bisa mereplikasi dirinya sendiri.

Nanobot yang ditugaskan pada otak atau sistem kekebalan Anda, misalnya, perlu diganti sesegera mungkin jika rusak. Jika Anda kehilangan terlalu banyak, tubuh Anda mungkin berhenti berfungsi – sama seperti jika dalam tubuh normal, terlalu banyak sel otak yang rusak.

Jadi cara paling efisien untuk menggantikan nanobot adalah dengan mereplikasi dirinya sendiri.

Namun hal ini bukannya tanpa konsekuensi, karena nanobot yang bisa mereplikasi diri bisa mengamuk.

Nanobot dapat terinfeksi virus yang mengubahnya menjadi bot destruktif, sehingga mengganggu kemampuan mereka untuk mengatur diri sendiri. Skenario terburuknya adalah jika nanobot yang terinfeksi mulai bertindak seperti sel kanker, mereplikasi diri tanpa batas.

Nanobot yang tidak terkendali di otak bukanlah bahan tertawaan. Namun jika robot nano mulai berkembang biak di luar tubuh, maka dampaknya bisa sama dahsyatnya dengan ledakan nuklir.

Atom karbon adalah bahan penyusun nanobot, dan mereka membutuhkan karbon untuk bertahan hidup. Namun jika robot nano melakukan replikasi secara tidak terkendali, mereka mungkin akan memusnahkan biomassa bumi, atau material dari tumbuhan, hewan, dan manusia yang hidup atau mati.

Hanya diperlukan 130 kali ulangan sebelum semua biomassa – yaitu semua kehidupan di bumi – musnah. Ini akan berlangsung cepat, antara tiga jam hingga beberapa hari!

Asalkan nanobot tidak mengambil alih, umat manusia berada dalam masa depan yang luar biasa.

Setiap orang yang hidup hingga tahun 2045 mungkin “hidup” selamanya, berubah menjadi cyborg yang kuat, dan berkomunikasi setiap hari dengan robot super cerdas dan mahluk hidup.

Ringkasan akhir

Pesan utama dalam buku ini:

Dalam beberapa dekade mendatang, kecerdasan buatan akan melampaui kecerdasan biologis manusia. Namun kita juga akan menjadi cerdas “secara artifisial”. Lambat laun, tubuh biologis dan otak kita akan digantikan dan ditingkatkan oleh perangkat, dan umat manusia akan berubah melebihi apapun yang dapat kita bayangkan.